This blog is about places i've visited. From tourism site, restaurant, cafe, hotel, villa, etc..
Hope it help somehow.

BERANGKAAAATTTTT KITA.........!!!

Friday, January 7, 2011

CouchSurfing

Happy New Year, everyone!!!
Belum telat-telat banget kan? Gw mo kasih hadiah Tahun Baru neh....
TADAAAAA:  Tips Menghindari Pengeluaran Yang Paling Menguras Isi Dompet Saat Traveling *Doraemon style..
Yup, I'm talking about accommodation and tour guide :).

Nginep dirumah orang lokal sekalian dianterin jalan-jalan... Emang bisa??
Yaelah, kemana aja non?! The world is getting smaller semenjak ada CouchSurfing.
Membernya adalah para traveler sejati yang bosen ama paket wisata ala tour & travel agent.
Masing-masing member komit untuk do something buat member lainnya, misalnya ada yang bersedia jadi tempat nginep, ada yang bisa nganterin jalan-jalan, ada juga yang bisanya ketemuan buat hang out aja. Sifatnya gak memaksa kok, sesuai availability aja.
Intinya adalah pertukaran kebudayaan, berbagi pengalaman, atau sekedar ketemu orang baru dengan common hobby.
Kebayang kan serunya liburan ke satu tempat, berbaur dengan orang lokal, ngeliat sesuatu dari kacamata mereka? Nginep ama dianterin jalan-jalan gratis itu bonus aja sebenernya, which is irresistible :).

Anyway, kurang dari dua minggu sebelum Eurotrip gue sign up di website ini.
Karena sibuk sekolah ama prepare holiday gue lupa deh tuh buat cari host. Padahal rencananya pengen combine antara hostel ama CouchSurfing. Both are new experiences for me, so I'm really curious!
Tiga hari sebelum berangkat gue coba kirim requests, dengan kesadaran penuh kalo request gue kemungkinan besar ditolak karena waktu yang sangat mepet.  Rata-rata member minta dikabarin sekitar 2 minggu sebelumnya dan reconfirm seminggu sebelumnya. Iseng-iseng berhadiah aja - kalo dapet syukur, kalo gak dapet juga gak masalah - gak ngarep banget seh.

Macam-macam feedback yang gue terima dari empat requests ke host di Paris, Roma, Venice, dan Bern. Yang di Venice lagi sibuk, yang di Bern lagi traveling ke Korea, dan yang di Paris lebih kacau lagi...email gue nyasar ke spam dan dia baru baca sesudah gue balik, lol!
Gue udah gak mikirin soal CouchSurfing lagi, hostel it is. Taunya waktu lagi ngantri panjang buat check in pesawat, gue terima Facebook friend request dari host di Roma sekalian kabar baik kalo dia available, YAAAYYY!  Langsung deh kita tukeran no hp in case somehow gue gak ada akses internet karena keasyikan jalan-jalan. Telco provider gue gak cover BB service disana, kalopun ngecover gue juga ogah kali bayar roaming hehehe...
Sampe di Paris buru-buru deh gue cari internet buat cancel bookingan hostel di Roma. Rata-rata seh kalo cancelnya masih dua hari sebelum check-in time kena chargenya 10% doank, diambil dari biaya deposit waktu awal booking hostel. Irit kaannn?

Namanya Chri, host urutan pertama di Roma, jadi dalam sehari bisa terima sekitar 16 requests.
Chri tinggal sendirian dirumahnya yang cozy plus ada taman kecil yang ditanamin bunga, olive, dan lime.
Di teras depan taman, seperangkat alat barbecue lengkap ditambah sofa dan meja makan siap untuk barbecue party. Mungkin karena dia punya restoran kali ya makanya kalo urusan makan niat banget hahaha...
Kamar tamunya nyaman banget, sofa bed bisa muat untuk dua orang trus ada komputer dan internet didalamnya. Kamar mandi tamu juga sendiri, and ada bathtub...hooorraaayyy! 
Enak banget deh jadi tamunya Chri, saking enaknya gue ampe gak enak :P.
He did lotta efforts to make me feel homey...no string attached! Mulai dari jemput di stasiun metro, bawain backpack, lunch di Asian resto yang viewnya sungai Tiber/Tivere, dinner di Pizzeria terbaik Roma, nyobain aperitivo di bar paling happening disana, hangout, nyetirin kemana-mana, whooaaa....countless!
Gue mo nraktir aja harus debat panjang kali lebar dulu, dan hanya berhasil sekali.
I'm so lucky coz this sincere generous man accept me as his guest. He gave me an excellent first CouchSurfing experience.

Can you imagine... Orang yang sama sekali asing bersedia buka pintu rumahnya buat kita, nganterin jalan-jalan, dan lain sebagainya tanpa pamrih dan pandang bulu?
Makanya kalo jadi tamu juga harus tau diri. Bawain host oleh-oleh kek, nongkrong bareng alias jangan numpang tidur gratis doank, ikutin peraturan dirumah mereka misalnya gak boleh ngerokok didalam rumah, bantuin cuci piring or masak coz disana kan jarang yang pake pembantu, gue seh enak coz Chri punya pembantu yang datang seminggu tiga kali hehehe...


Aman gak seh? Tentunya tetap perlu hati-hati.

Check profile calon host, liat reference yang ditinggalin ama member lain, baru deh request.
Tiap member harus masukin data pribadi termasuk alamat dan nomor passport. Kalo member yang udah ngasih donasi bakalan dapat tanda verified di profilenya, yang berarti alamatnya benar karena CouchSurfing pusat udah berhasil kontak dengan alamat tersebut.

Buruan daftar jadi member gih......find me there yaaa :).

No comments:

Post a Comment