This blog is about places i've visited. From tourism site, restaurant, cafe, hotel, villa, etc..
Hope it help somehow.

BERANGKAAAATTTTT KITA.........!!!

Thursday, November 4, 2010

Eurotrip.... Visa

Kunci dari angan-angan buat Eurotrip adalah visa.
Iya donk... kita tuh bukan mo ke Asia Tenggara dan kita juga gak seberuntung warga negara Inggris or Amrik yang bisa dapat visa on arrival hampir di semua negara.
Ajaib aja kalo bisa lolos imigrasi sana tanpa selembar sticker dengan foto burem ini tertempel di passport.
Gak perduli seberapa besar keinginan kita, seberapa kenceng dana kita,  siapa sponsor kita or seberapa sering kita kesana... tetep aja ada kemungkinan visa bakalan ditolak.
So, make sure ngasih dokumen sesuai yang diminta biar gak buang waktu, tenaga dan biaya buat bolak balik. Ingat, uang aplikasi visa gak bakal dibalikin even visa ditolak, dan kalo mau apply lagi ya harus bayar lagi.

Lets assume itinerary udah ready, jadi udah ketahuan mo apply lewat kedutaan mana.  Buka dah tuh website kedutaannya, liat syaratnya apa aja.
Gue waktu itu apply lewat kedutaan Italy coz gue ngunjungin tiga kota di negara itu; Pisa, Roma & Venezia. Selain itu juga kedutaan Italy terkenal sebagai kedutaan yang paling ramah dan gak ribet, dibandingin kedutaan Schengen lainnya. Ini menurut beberapa temen yang kerjaannya bolak balik Europe lho...

Ini dia syarat-syarat apply visa turis kedutaan Italy tanpa sponsor:
1. Passport yang masih berlaku, minimal 6 bulan sebelum tanggal expired plus photocopy passport 4 lembar pertama
2. Form aplikasi yang udah diisi dan ditandatangani.
3. Pass photo berwarna, sesuai dengan I.C.A.O standard
4. Konfirmasi booking tiket pulang pergi, pas ngambil visa yang udah disetujui harus nunjukin tiket asli yang udah issued
5. Travel insurance yang berlaku di Schengen area, minimum pertanggungan 30.000 Euro selama masa perjalanan
6. Surat referensi bank sekaligus foto copy tabungan 3 bulan terakhir.
7. Surat Keterangan Kerja asli dari perusahaan (in english), sekaligus photo copy SIUP. Ini untuk meyakinkan kalo beneran punya kerjaan disini so gak bakalan jadi imigran gelap. 
8. Reservasi hotel, hostel atau alamat tempat tinggal selama di Schengen area.
9. Kartu Keluarga, untuk meyakinkan kalo gak sebatang kara jadi punya alasan buat balik lagi.
10. Bayar uang aplikasi sebesar 60 Euro untuk single fee, dibayarin pake Rupiah jadi jumlahnya berubah-ubah sesuai kurs.

Udah tau syarat-syaratnya kan? Sekarang mulai deh lengkapin.
Hunting tiket murah trus booking, beli travel insurance, minta surat referensi bank (perlu waktu sekitar 4 hari), reservasi hotel or hostel, bikin pas photo spesial itu, etc...etc...
Kalo tabungan berantakan buru-buru dirapihin deh, mending tunda 3 bulan dulu daripada pas apply ditolak juga.  Biasanya seh last minute cash bisa jadi penyebab visa ditolak. Maksudnya, kalo selama dua bulan terakhir di tabungan cuma ada 5 juta trus bulan ketiga mendadak punya 50 juta, bakalan dicurigai.
Kalo ada interview seh enak, bisa ngejelasin kalo habis menang lotere or whatever, tapi kalo gak ada bisa-bisa ditolak tuh visa.

Oh iya, saat apply bawa juga dokumen asli ya, termasuk passport lama kalo punya lebih dari satu. Biar kalo tiba-tiba dimintain gak perlu bolak balik lagi.
Untuk tahu lebih lengkap soal tetek bengek visa baca sendiri yak.

Dokumen udah 90% siap, saatnya bikin appointment dengan kedutaan.
Sistim janjian kedutaan Italy adalah Automated Appointment, jadi requestnya online.
Nanti ada option hari dan jamnya, tinggal pilih deh. Jangan lupa print konfirmasi appointment buat bukti. Ntar pas datang tunjukin aja ke security, mereka juga udah megang catatan appointment hari itu kok.
Perlu diperhatiin, jam appointment yang didapat online belum tentu sama dengan jam submit aplikasi.  Sampe disana harus ambil nomor lagi sesuai urutan kedatangan dan sabar nunggu giliran...

Jadi kalo bisa siapin at least setengah hari buat urusan ini.
Klo gak bikin appointment online bisa aja seh go show, tapi untung-untungan.
Yang pasti seh, harus nunggu sampe semua orang yang punya appointment kelar, baru deh dilayanin. Itu juga kalo gak kesorean ya ^_*.


Pastiin ada waktu yang cukup antara apply visa dengan waktu keberangkatan, biar gak stress.
Proses resminya 12 - 15 hari, tapi rajin-rajin aja ngecek seminggu after apply, who knows selesai lebih cepet kayak pengalaman gue.
Untung travel agent bolak balik nelfonin biar tiketnya diissued hari itu juga kalo gak mau angus. Jadinya gue "terpaksa" deh follow up ke embassy even lebih cepet 5 hari dari jadwal kelar resmi. Gak mungkin kan gue beli tiket kalo belum dapat visanya?  And tadaaaaaaaa.... ternyata visanya udah jadi dari 2 hari sebelumnya!
Slamet, slamet...ada gunanya juga nekad nanya, tiket promo gak jadi melayang :D.

Waktu mo ngambil visa mah gampillll..... Tinggal bawa nomor antrian yang dikasih waktu aplikasi visa diterima kedutaan, tunjukin deh ke satpam. Biasanya waktu pengambilan sekitar jam 2 - 4 siang.
Yaaayyy...visa tertempel manis di passport lengkap dengan keterangan berapa lama bisa wara-wiri di negara Schengen, plus berapa kali *ada yang sekali masuk aja, ada yang berkali-kali masuk...tergantung lo apply yang mana dan diapprove yang mana.
Kaeknya pas ngeliat legaaaa banget...gak ada stiker sebagus itu seumur hidup gue hihihi...
Norak boleh donk, secara taon 2002 - 2003 visa gue direject 3 kali ma kedutaan Australia coz disangka mo jadi imigran gelap, padahal ada sponsor warga negara Aussie lho :(. Gak tanggung-tanggung 3 kali maaaannn!
Now, can you see?! Europe nganggap gue credible cuyyy :D.
Bite me!!!

4 comments:

  1. Hi Wen, informasi tentang visa schengen ini sangat menarik dan sangat membantu banyak orang loh. Pasti berguna banget tuh....
    semoga banyak orang bakal terbantu dengan informasi yang kamu tulis di sini...

    ReplyDelete
  2. Amieennn.... seneng juga kalo hobby jalan dan nulis ini bisa berguna buat orang lain. Moga satu saat saya bisa jadi se-expert Pak Agung :)

    ReplyDelete
  3. Hay mba'
    aku boleh nanya donk, soalnya aku juga lagi planning eurotrip

    syarat minimal tabungan kira2 harus berapa ya mba'?
    terus aku harus pesen tiket dulu atau ngurus visanya dulu?

    reply ke email ku boleh ya di de.tika@hotmail.com

    thanks before, and nice trip btw! *Envy*

    ReplyDelete
  4. Hi Tika,

    Aku jawab disini aja ya biar kalo ada yang butuh bisa sekalian baca :).
    Sebenernya untuk saldo tabungan hitungannya itu sekitar 75 Euro per hari (info tahun 2008). Jadi nanti itung aja berapa hari disana, dikali nominal di atas.
    Tapi kalo kamu termasuk orang yang males ngitung - aku juga seh - dan biar aman mendingan siapin minimal 50 juta di account untuk short stay sampe dengan sebulan, ini menurut beberapa travel agent ya.
    Ini berlaku untuk yang Eurotrip tanpa sponsor, kalo ada sponsor seh gak masalah berapapun saldo minimal kamu.

    Kalo mau ngurus visa, salah satu syaratnya adalah kamu harus punya bukti confirmed booking pesawat dulu. Tinggal booking aja ke travel agent, trus minta mereka kirim konfirmasinya.
    Nanti bayarnya pas visa udah ketahuan nasibnya aja, in case proses apply visa gak berjalan lancar.

    Good luck ya say and have a nice trip :).

    ReplyDelete