This blog is about places i've visited. From tourism site, restaurant, cafe, hotel, villa, etc..
Hope it help somehow.

BERANGKAAAATTTTT KITA.........!!!

Sunday, March 6, 2011

Merlion

Singapore is Orchard Road, kata shopaholic.
Singapore is Merlion, kata first time visitor.
Singapore is Clarke Quay, kata yang demen makan dan nongkrong.
Singapore is MRT, kata backpacker.
Singapore bisa jadi Sentosa Island, Esplanade, Stamford Hotel, Universal Studio, Historical Museum, China Town atau Little India... tergantung nanyanya ke siapa.

Merlion

Buat gue Singapore is my first time. For both travel solo and abroad.
Twas October 2002, waktu Durian or Esplanade baru dibuka.
Banggaaaaa banget ama stempel pertama di passport, huahaha....
Awalnya seh sekedar perjalanan "bayangan" aja coz pengen apply visa Aussie. Katanya kan kalo passport masih kosong bakalan di reject, jadi deh gue ke Singapore bermodal nekad...travel guide aja belinya pas udah nyampe sana.
Ugh....apaan, udah ada stempelnya masih juga visa gue di reject! *sorry jadi curhat, masih sakit hati neh visa gue ditolak lebih dari sekali ama Aussie :(.

around Bencoolen Rd. *my first visit
Anyway, since then I went to Singapore several times, either for work or holiday.
Aman, tertib dan bersih adalah hal yang gak bisa dibantah.
Amannya bagus buat gue yang doyan jalan sendirian tengah malam.
Tertibnya banget...paling bandel gak nyebrang jalan di zebra cross doank, itu juga pas jalanan kosong.
Bersihnya juga diatas rata-rata, gak maulah didenda gara-gara buang sampah or ngeludah sembarangan.
Kalo udah gini, polisi buat apaan ya? Gue baru sekali ngeliat polisi Singapore, itu juga karena ada acara kenegaraan kaeknya.

Warning: Sebelum gue lanjut nulis dan lo terlanjur ngarep, sebaiknya lo tau dari awal kalo gue gak akan nulis review tempat wisata disini. Emang menarik seh tapi baca di tetangga sebelah aja ya, hampir semua travel guide Singapore pada nulis soal itu kok. Or let's see, kali aja nanti-nanti gue kehabisan bahan hehehe...

Newton Circus Food Center
Lanjut....
Karena dasarnya gue emang gak suka liburan di kota besar, Singapore bukanlah urutan teratas holiday destination gue.
But still, ada hal-hal atau tempat yang berkesan buat gue...

  • Newton Circus Food Center 
HUGE food court! Banyak pilihan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.
Kalo kelaparan tengah malam kesini aja, tutupnya sekitar jam 3 pagi deh kaeknya. And try stingray fish! Slllrrrppp....
Oh iya, disini gak boleh nyemok even duduk di bagian luar. Tapi kalo gak nahan, silahkan....
Pasang tampang bego aja kalo disamperin security, biar keliatan gak ngeh jadi gak sampe kena denda ;).

  • Mandarin Orchard Hotel, was Meritus Mandarin Hotel
Massage chair in Meritus Club Room
Their "Club Room" is SUPER. Though its smaller than 5 stars hotel room in Indonesia, benefits are unbeatable!
Exclusive check in and check out, daily evening cocktail, and we can choose whether we'll have breakfast at Meritus Club Lounge or Triple Three Restaurant. Kalo malas sarapan di restoran, club lounge-nya cuma satu or dua lantai di atas kamar kok, diperuntukkan khusus untuk tamu club room lagi :).
Masih kurang? Hmm....minuman dan kue tersedia sepanjang hari di club lounge, mo nelfon lokal gratis tis, plus ada jatah laundry ama meeting room tiap hari.
Dari semua benefits diatas, favorit gue adalah shower stall yang dilengkapi therapeutic hydrojets ama kursi pijet di dalam kamar, hahaha....
If you are a shopaholic, you'd love this hotel. Mandarin Gallery only lift button away, Takashimaya ama Paragon tinggal loncat :D.

Cactus Garden, Changi Airport
  • Cactus Garden, Changi Airport
Menurut gue ini spot ternyaman di Changi Airport karena disini gue bebas berekspresi hihihi....
Selain itu juga somehow i feel homey... mungkin karena kaktus adalah tanaman wajibnya nyokap selain anggrek dan mawar.
Suka aja gue ngeliat pohon kaktus beragam jenis dan ukuran disini. Makanya even panas, I can spend hours by myself or talk to people with common "activity" here. 

  • Senso Ristorante & Bar
Are you an Italian food lovers? This awards winning restaurant is a must try. Tempatnya di Club Street, biar gampang masuk aja dari seberang Sri Mariamman Temple.
Senso Ristorante & Bar
Jalanan ke arah restoran mirip suasana kota tua di Eropa, jadi sebelum makan moodnya udah dapet.
Selain makanannya yang enak ama servis yang sangat memuaskan, tempatnya juga unik.
Bangunan ini dulunya biara that's why nuansa kolonialnya kental banget tapi tetap modern kok. Terutama di dining area yang mirip halaman tapi ada atapnya. Kipas anginnya kenceng banget lagi, jadi ada efek-efek angin semriwingnya gitu di rambut. Cieeeehhh....... *gak penting yak? 

  • Takashimaya, Ion and Paragon 
Three malls I never missed in Singapore.
ion
Takashimaya karena bisa muter-muter ampe bego dan banyak pilihan; Ion karena sophisticated; sedangkan Paragon karena ada beberapa brand yang outletnya gak eksis di Jakarta, kaek Furla ama Miss Sixty.

  • Mount Elizabeth Hospital
I hate hospital, dan sejauh ini Mt. Elizabeth adalah satu-satunya rumah sakit yang gak bikin gue bete!
Couple years ago, I was there for medical treatment.
Waktu mau masuk, kita disuruh berdiri di suatu spot buat check suhu badan. Iya bener...kaek di airport gitu. Kalo suhu badan kita normal, bakal ditempelin stiker sebagai tanda lulus uji.
Pelayanannya ramah dan professional banget, gak ada cerita nunggu lama gak jelas. Dalamnya juga kaek mall jadi kalo bosen tinggal pilih mo ke resto, coffee shop or supermarket :). 

  • Jo Chiat
Hard Rock Cafe
Gue gak bisa lupa ama ni tempat even cuma sekali kesini. Mungkin karena kejadiannya waktu gue baru pertama kali ke Singapore.
Ceritanya udah check out hotel tapi masih ada waktu sebelum check in pesawat. So, gue minta cab driver bawa gue jalan-jalan ke area menarik yang gak jauh dari bandara. Dibawalah gue kesini.
Areanya seh gue suka...penuh deretan ruko tua tapi terawat, warna-warni lagi :).
Tapi kok lama-lama gue ngerasa area ini rada sepi dan "aneh" ya? Waktu ngeliat spanduk beberapa hotel dengan tulisan tarif jam-jaman gede diatasnya, gue baru ngeh. D*MN....buru-buru cabut!
Miscommunication neh kaeknya. Maksud gue menarik, bukan "menarik".
Mungkin English gue kurang bagus buat ukuran si driver. And yes, I have difficulty in understanding Singlish juga seh :P.   


I've stayed in..........

Esplanade and Singapore Flyer as background
Even gue gak pernah punya niatan kesana khusus buat shopping, rasanya lebih gampang dan nyaman aja kalo stay around Orchard Road.
Kebetulan suka mendadak kekurangan dress or something. Dan pengertian something disini termasuk lapar mata karena sale ;).

Berikut beberapa hotel yang pernah gue coba selain favorit gue diatas: 

  • Orchard Parade Hotel 
Located on the corner of Orchard and Tanglin Road.Lobby hotel seh biasa aja, tapi lokasinya strategis banget. Merem juga nyampe Hard Rock, ada connecting door ke Black Angus Steakhouse lagi! Cocok banget buat penikmat good steak, good service, good ambiance. Duduk di outdoor area aja biar bisa nyemok ama cuci mata. Ooopppsss...lagi ngomongin hotel yak?
Kamar hotelnya tuh cukup luas, cozy dan ada balkon!
Clarke Quay Seafood
Servicenya excellent donk. For example, resepsionisnya mau disuruh bolak balik nelfonin airlines buat reschedule tiket boss gue yang mendadak harus balik lebih awal, dan room boynya helpful banget even seringnya ditelfonin buat nyolokin charger doank *jaman gue masih electrophobia neh hahaha...
Sayang aja, kamar mandinya kecil banget. Antara bathtub ama wastafel dan kloset hanya kesisa lorong sempit, gak bisa buat nari. Lho?!
Di dekat resepsionis ada tour agent, jadi kalo mau city tour gampang. Enaknya lagi hotel ini juga salah satu pick-up point tournya :). Tour salesnya yang ibu-ibu juga ramah, malah cenderung rumpi.

  • Orchard Hotel 
Karena letaknya seberang-seberangan ama Orchard Parade Hotel, jadi lingkungan sekitar sama lah ya.
In short words; Not bad. I've stayed in a better and worse hotel ;).
Mandarin Gallery
Gue suka Spanish Tapas Bar yang ada di bawah hotel, depan lampu merah ujung Orchard Road. Namanya Bodega apaaaa gitu, panjang seh...
Even jadi satu tapi kaeknya resto ini bukan bagian dari hotel deh. Well, I dont care....yang jelas resto ini ok punya!
Interiornya unik, makanan dan minumannya enak, servisnya sangat sangat memuaskan :).

  • Grand Central Hotel
Hmmm.....good thing about hotel ini adalah lokasinya ada di Cavengah Road, terusannya Orchard Road. Selebihnya seh biasa banget.
Tapi kalo lo gak peduli ama hal lain selain lokasi, ya hotel ini boleh dicoba.
Harganya terbilang murah untuk hotel di area sini.


I wanna try....

  • Equinox Restaurant 
Marina Bay
The highest restaurant in Singapore. Letaknya di lantai 70 Swissotel Stamford Hotel, higher than Singapore Flyer! Katanya kalo cuaca lagi cerah bisa ngeliat part of Malaysia and Indonesia. WOW.

  • Marina Bay 
Terakhir kesana masih sementara dibangun. Boro-boro ngerasain tempatnya, namanya aja belum tau apa. Taunya dari TV kalo bangunan aneh itu udah dibuka dan namanya Marina Bay :P.

Ada yang udah pernah nyobain? Share donk...

4 comments:

  1. nice posting! jadi makin pengeng jalan2 ke singapore lagi nih! :D

    ReplyDelete
  2. Hi Ryan, makasih udah mampir.
    Kalo nyobain Equinox ama Marina Bay jangan lupa share ya :)

    ReplyDelete
  3. Ikut nimbrung ya .. berhubung interest kita sama, Marina Bay Sands! Hehe,, MBS udah siap2 aja nih jadi landmark terbaru di Singapura hehe! Januari lalu kesampaian juga saya liat bangunan Marina Bay Sands dari deket. Keren banget! Tadinya mau masuk ke dalem, tapi udah keburu dicegat ama penjaganya, katanya khusus tamu hotel aja. haha! Akhirnya nyebrang deh ke Shoppes At Marina Bay Sands-nya. Keren banget dalemnya! Ada sungai mini lengkap dengan perahu gondola-nya. Kayak di mall di venetian - Macau sih jadinya, tapi lebih luas lagi. Klo mau masuk ke Skyparknya bayar 20 SGD deh klo gak salah. Kapan2 kalau ke Singapura lagi, musti ke sana! :)

    ReplyDelete
  4. Hi Fajar,
    Makasih udah share ceritanya ya :).
    Iya neh, lagi make a wish biar bisa nginep di MBS hahaha... *ayo kita ngarep!

    ReplyDelete