This blog is about places i've visited. From tourism site, restaurant, cafe, hotel, villa, etc..
Hope it help somehow.

BERANGKAAAATTTTT KITA.........!!!

Friday, November 12, 2010

Eurotrip... Getting Around

Masih urusan transportasi, kali ini ngebahas transport antar negara dan kota.
Pilihannya berupa pesawat, bus & kereta.

Untuk pesawat, banyak low cost airlines kaek ryanair or easyjet yang harganya bisa gila-gilaan murahnya, kadang sampe 0 perak!
Tapi, airportnya biasanya di tempat jin buang anak, jadi waktu dan biaya bakalan kebuang buat ke airport doank. Kalo dihitung-hitung, waktu yang dibutuhin bisa sama aja dengan naik kereta. Gak bisa liat pemandangan lagi. Males ah!

Mo ngebis? Pilih eurolines yang ngelayanin lebih dari 500 tujuan dan harganya lebih murah dari kereta.
Kalo gue seh milih naik kereta.  Selain lebih cepet dari bis, pengen juga nyobain tidur di atas kereta malam dan first classnya kereta di Europe.
Eh, emang bule doank yang bisa gaya-gayaan di Indonesia? Gue juga bisa gaya-gayaan disana huahaha...

Karena kita foreigner jadinya pake Eurail Pass, Europe residents pakenya Interail pass. Keretanya sama aja, nama passnya doank yang dibedain dan denger-denger seh harganya murahan Eurail Pass.

Urusan Eurail ini sempet bikin kelimpungan. Secara kalo pesen lewat Eurail pusat maupun regional Singapore jangka waktu pengiriman sekitar 2 mingguan - bisa lebih cepat tapi gak ada garansi - dan ongkos kirimnya pun cukup tinggi. Mana kalo booking harus langsung bayar, padahal kan visa gue belum ketahuan statusnya, sementara waktu udah mepet.
Begitu visa udah ditangan, separuh hopeless i gave my last shoot, masukin keywords "beli Eurail Pass di Indonesia"  and voilaaaa.... that's how i found TravelHemat.

Gue rekomendasiin  TravelHemat karena service standardnya yang tinggi.
Percayalah, gue orang yang ribet dan sangat merhatiin detail, so my service expectation is above average. Hey, I'm a marketing so I'm kinda b*tchy customer ahahaha....
Coba dari awal gue tahu tentang TravelHemat, I don't have to sweat my self :).
Eurail is one of the most crucial things jadi gue bahas di postingan tersendiri.

Anyway....kereta di Europe nyaman banget, sayangnya minum or snack dibagiin untuk rute jarak jauh doank *ngarep hihihi.....
First classnya punya socket listrik segala dimasing-masing kursi. Jadi gak usah khawatir kalo gak sempet ngecharge hp, kamera dan ipod sebelumnya. Malah kalo gak punya tetangga, semuanya bisa di charge berbarengan :).

Format tempat duduknya ada yang berdua, berempat (dua - dua depanan gitu) or even sendirian, yaaayyyy!
Tapi gak ngaruh juga karena low season, pernah malah satu gerbong gak sampe 10 orang. Yang agak rame hanya waktu berangkat dari stasiun Roma Termini ke stasiun Santa Lucia Venezia, tapi tetep aja gue gak punya tetangga.
Coba reservasi seatnya gak wajib, kan lumayan tuh buat dana kenakalan hahaha...

Second classnya juga keren kok, terutama kereta punya Swiss.
Gue beli point to point ticket dari Bern ke Interlaken, keretanya dua tingkat trus ada tempat duduk sejenis sofa setengah lingkaran, cocok untuk keluarga. 


Yang terakhir, urusan transport dalam kota.
Standardnya ada bis, metro atau underground (kereta bawah tanah), dan sepeda.
Di Venezia pakenya water taxi, gondola dan Vaporetto alias water bus.
Di Pisa ada beberapa jalan yang gak ngebolehin kendaraan bermotor lewat, tapi kita bisa naik delman or nyewa becak(?).
Ooopsss...gue lupa guys namanya apa dan bentuknya gimana, kalo gak salah mirip becak tapi digenjot sendiri. Lupaaaa....tanya oom Google aja ya ;).


Kalo mo nyewa sepeda kita bisa ke mesin yang gak jauh dari parkiran sepeda, trus deposit beberapa ratus Euro yang bisa diambil lagi pas kita balikin sepedanya. Mungkin buat jaga-jaga kalo sepedanya gak dibalikin kali ya?
Selama disana cuma sekali ngerasain naik bis di Roma waktu mo ke stasiun metro terdekat.
Diatas bis ada mesin buat beli tiket, masukin aja uang dan kalo tiketnya keluar tinggal di sweep ke mesin lain untuk data pemakaian.
Favorit gue adalah metro karena gak perlu nunggu lama dan cepet banget nyampenya. Tiketnya bisa dibeli di kios-kios atau self-machine di stasiun.

Untuk metro Paris, bisa dibeli online sebelum berangkat biar gak usah ngantri panjang.
Pilihannya juga beragam, mulai dari yang sekali doank, visite pass, mobilis, museum pass, etc.  Infonya lengkapnya, baca di websitenya aja ya.
Sayangnya, ongkos kirim kesini atau ongkos pick up disana bisa lebih mahal dari harga tiket jadi gue batal mesen. Toh disana ternyata gak ngantri kok beli tiketnya, mungkin karena low season kali ya.

Gue belinya tiket satuan aja, karena most of the time seh jalan kaki.
Gak heran abis liburan kaki jadi berotot banget, waktu masih ngegym aja gak pernah sekenceng itu.
Pokoknya kalo jaraknya masih dibawah 3 km mending jalan kaki deh. Bukannya pelit tapi kalo naik metro tuh harus turun naik tangga stasiun dan lumayan jauh jalan ke platformnya.  Udah gitu pemandangannya adalah terowongan dan stasiun aja, rugi banget!
Masa-masa kaek gini neh yang bikin gue suka kangen ama ojek hahahaha...


Harga tiket metro di Roma sama dengan harga busnya yaitu €1 berlaku untuk 75 menit.
Harga tiket metro di Paris €1,70 yang kaeknya seh bisa kita pake sesuka hati selama belum keluar dari stasiun.
Harga sewa sepeda gue kurang tau, udah ilfil duluan denger harus deposit ratusan Euro.
Gondola sekali naik €80, maksimal kaeknya 4 orang deh. Makanya gue prefer naik Vaporetto yang harganya "cuma" €6,50 untuk 60 menit.
Venice oh Venice... Segitu mah gue bisa beli 7 tiket metro di Roma tauuuuuuu.......

No comments:

Post a Comment