This blog is about places i've visited. From tourism site, restaurant, cafe, hotel, villa, etc..
Hope it help somehow.

BERANGKAAAATTTTT KITA.........!!!

Saturday, November 13, 2010

Moody Merapi

Merapi MARAH!
Kalo ngeliat dampak yang ditimbulkan, sama sekali gak kebayang kalo gunung ini dan sekitarnya termasuk salah satu objek wisata adventure favorit di Jogjakarta.

Merapi juga bisa ramah, setidaknya itu kesan gue waktu terakhir kesana Februari 2010 dalam rangka Reuni Akbar Mayapala (Mapala-nya Amikom Jogjakarta, my first campus).
Reuni akbar sekaligus pelantikan anggota muda Mayapala diadain di Kali Kuning, lereng gunung Merapi.
Basecampnya di rumah milik Ibu....... ehm, lupa. But I never forget her loving care. Waktu gue kecapean gara-gara cuma tidur dua jam dalam dua hari, si Ibu bela-belain mijitin sampe gue feel better :'(.
Moga aja beliau sekeluarga selamat dari bencana, Amiieenn....

It was a great time, anggota Mayapala dari Sabang sampai Merauke dan dari berbagai angkatan kumpul jadi satu.  Emang seh gak semuanya bisa datang, tapi tetep aja rame.
Ada yang masih single, yang baru merit bawa suami or istri, ada juga yang berbuntut banyak dan semuanya dibawa!
Sebagian tidur dibasecamp, sebagian tidur di doom, kalo gue kombinasi tidur di mobil ama doom.


Waktu pertama nyampe basecamp udah mau tengah malam, langsung turun ke tempat pelantikan di lembah Kali Kuning.
Secara udah lama gak hiking, kebayang donk perjuangan gue nurunin jalan setapak berbatu, licin, gelap gulita? Sekilo ada kali tuh gue jalan setengah pengkor - kaki kiri jadi rem - kadang juga sambil jongkok, takut nyungsep!
Herannya gak tepar, padahal belum tidur dari kemaren coz sibuk city tour dan hari itu baru kelar day trip dari Borobudur & Dieng Plateau.
Subuh pelantikannya baru selesai, berjuang naik lagi ke basecamp, ampir kehabisan nafas huhuhu... 
Baru nebeng tidur 2 jam di mobil temen, driver mobil sewaan udah nyamperin. Salah gue seh, minta dijemput jam 7 pagi buat explore pantai daerah Gunung Kidul dan sekitarnya. Lumayan, ada waktu seharian sebelum reunian dimulai.

Malamnya, acara puncak reuni. Kangen-kangenan, rumpi, ketawa-tawa, makan-makan, bakar jagung dan nostalgia masa lalu. Aneka kebiasaan lama lainnya muncul lagi disini, berasa teenagers deh hahaha...
Pastinya ada sesi narsis juga donk, gak tanggung-tanggung fotografernya tiga orang plus dua cameraman...
Sekitar midnight gue nyerah, gak kuaattt... Jadinya masuk salah satu dari sekian doom yang udah dibangun deket aula tempat reuni, dan langsung zZzzzZzzzz....


Besok paginya baru bener-bener ngeliat kalo lokasi doom kita ditengah-tengah hutan pinus dengan background Merapi yang ramah :).
Abis cuci muka, gue dan beberapa temen naik ke Bebeng untuk ngeliat Merapi lebih dekat sekalian ziarah ke bunker awan panas disana. Salah satu anggota ada yang meninggal didalam bunker, terjebak lava waktu Merapi marah tahun 2006. It feels so creepy around there, hiiiiiiiiii.....
Sisa-sisa kemarahan taon 2006 masih terlihat jelas, mulai dari reruntuhan rumah sampai Batu Gajah. Batu segede gaban ini menggelinding dari atas Merapi sampai Bebeng.
Selain rombongan kita, terlihat rombongan bersepeda yang lagi mengeksplorasi area Bebeng.
 
Emang sih, kita gak bisa ngarepin Merapi terus-terusan ramah. Namanya aja Merapi, artinya kan gunung berapi.
Tapi moga aja moodnya cepet balik ke normal ya, biar masyarakat sekitar sana bisa hidup damai lagi.
Termasuk para mahasiswa yang jauh-jauh merantau untuk belajar disana, moga selalu dilindungi :'(.
Untuk yang butuh info seputar Merapi, you can visit this website.

Let's Pray and Do Something for Indonesia!

No comments:

Post a Comment