This blog is about places i've visited. From tourism site, restaurant, cafe, hotel, villa, etc..
Hope it help somehow.

BERANGKAAAATTTTT KITA.........!!!

Tuesday, February 8, 2011

Amazing Vatican

Vatican emang ajaib.
Selain satu-satunya negara di dalam negara sepengetahuan gue, tempat ini punya segudang hal lain yang bisa bikin lupa mingkem. Mulai dari wallnya, antriannya, Basilica San Pietro, Cappella Sistina, Copula, makam Paus, karya seni Michaelangelo, Raphael dan seniman ternama lainnya.....sampai pengalaman pribadi gue yang juga rada ehem...ehem ;).

Amazing Vatican
Gak lengkap aja ke Roma kalo gak mampir sini. Makanya before lunch gue udah siap jalan sendiri coz Chri mau kontrol restorannya yang baru buka after renovasi.
Waktu nganterin ke stasiun metro Chri bolak-balik ngomong, "don't lose your map, you got everything on it!"
Gak heran dia bawel coz kemaren gue udah ngilangin satu hehehe.... padahal di peta itu selain denah kota, ada juga rute metro ama nama stasiunnya.
Karena dia tau gue hobby nyasar, selain peta gue juga dibekalin rute tour Vatican, tiga kartu nama restoran - in case ilang - ama segudang pesan sponsor. I'm so ready for today adventure, beibeh...!!!
"Call me once you are finished, i'll pick you up!" Chri bawelnya ngalah-ngalahin mak gue neh.

Musei biglietti (below), originally is Raphael painting (above)
Kalo mau ke Vatican dari tempat Chri naik metro line B trus switch ke line A di Termini Station, turunnya di Ottaviano - St. Pietro Station, lanjut jalan kaki dikit deh.
Tadinya gue mo jalan sruntulan sendiri - toh udah ada rute dari Chri ini - tapi pas lampu merah deket Vatican wall gue dicegat ama sales yang nawarin paket Vatican tour.  Benefitnya adalah gak bakal nyasar di dalam Museum Vatican yang panjangnya 7 kilometer itu, diceritain sejarah tempat yang dikunjungi ama benda seni yang dilihat, plus gak perlu ngantri panjang coz ada jalur masuk spesial buat tour agent.

Tergoda deh jadinya, tapi tetep donk nawar *yang ini mah bakat alam hehehe....
Harga tour harusnya 45 Euro. Setelah pasang senyum manis plus bujuk rayu dikit, akhirnya gue diajak ke kantornya yang gak jauh dari situ.
"Nanti bilang aja ama boss gue kalo kartu pelajar lo ketinggalan di hotel, biasanya kalo tour terakhir gini boss gue suka baik", katanya.
Bener lho...gue dapet harga pelajar, lumayan deh ngirit 10 Euro hehehe....
main entrance of Vatican
Kalo gak pake tour tiket masuk museum harganya 15 Euro, tapi ya itu...ngantri panjang, cuma bisa melototin tanpa tau sejarahnya, belum lagi ngelewatin detail penting museum yang cuma bisa keliatan kalo jalan ma expertnya. So, menurut gue kurang greget aja.
Dengan join tour ini gue yang bukan art freak aja jadi lebih menghargai karya seni :).


Oh iya, satu group tuh biasanya maksimal 10 orang, kata salesnya waktu gue ogah join tour coz mikirnya keramean gitu. Even jadinya lebih coz udah tour terakhir dan ada rombongan keluarga yang gak mau pisah, tapi masih dibawah 20 orang kok. Sutralah, gue gak mau komplen ntar malah ditendang or diskon gue dicancel lagi.


Sesudah loket, kita dibagiin karcis masuk plus audio satu-satu buat dengerin penjelasan tour guide.
one of Michaelangelo painting
Paket tour ini ngunjungin bagian-bagian utama museum aja, kaek koridor tempat lukisan Michaelangelo, patung-patung bersejarah termasuk patung favorit Michaelangelo, mosaic-mosaic kecil, Raphael Room, tempat tinggal Paus dan Cappella Sistina pastinya. Kedengerannya seh bakalan cepet, ternyata ampir tiga jam booo. Mana rame banget lagi didalam, jadi kita harus gesit biar gak kepisah dari rombongan.
Rombongan gue pake stiker warna kuning, tour guide juga bawa bendera kuning jadi gampang lah nyarinya.

In amazing Vatican, i think Cappella Sistina is the most amazing part.
St. Pietro Square and Rome from Copula
Sayangnya disini gak boleh ngambil foto. Gue diteriakin Vatican guard waktu mau motret, gue heboh sendiri saking takjubnya dan gak ngeh kalo udah sampe Cappella Sistina. Easy man...!
Sumpah....tempatnya bagus banget!
Gue sampe merinding liatnya, banyak malah yang nangis sambil berlutut gitu.
one of statue in Musei Vaticani
Michaelangelo hampir buta lho gara-gara ngelukis langit-langit ruangan seluas 12000 meter persegi ini selama 4 taon! Perubahan style lukisannya terlihat jelas dalam kurun tersebut, dan tetep ya...orang Italy emang humoris, dia ngejek salah satu penguasa pada jaman itu dalam lukisannya hahaha...

Gak heran banyak yang pada bandel ngambil foto ngumpet-ngumpet. Gue bukannya gak pengen tapi lagi ditempat ibadah cuy, takut kualat kalo macem-macem. Well, I respect my religion by respect others :).

Dari sini kita ke main entrancenya Vatican, yang dijaga ketat plus dipakein tali.
Gue beruntung bisa foto disini coz Vatican guard tuh angot-angotan. Baru juga motret sekali udah diusir lagi, blah!
Tour ended in front of Basilica San Pietro. Sambil ngumpulin audio, tour guide nunjukin jendela kantor Paus ama tempat beliau ngasih pengumuman kearah San Pietro Square.

Copula rules (above) and biglietti (below)
Dari sini gue jalan ke samping kiri Basilica buat motretin Swiss Guard. Trus ke samping kanan Basilica buat ngantri naik ke Copula atau kubahnya Basilica, kata Chri tempat tertinggi di Vatican ini wajib dikunjungi.
Antriannya lumayan panjang, bayar harus cash dan semua pass kaek Roma pass dan student pass gak berlaku disini.
Kalo kuat manjat 551 anak tangga cukup bayar 5 Euro, tapi kalo mau pake lift bayar 7 Euro.
Jangan kira pake lift bisa langsung sampe puncak ya, masih harus manjat 320 anak tangga lagi cuy!
Keluar lift, kita masuk ke suatu ruangan yang bisa ngeliat ke dalam Basilica San Pietro dari atas.
Baru deh lanjut manjat anak tangga yang  makin lama makin miring, malah ada yang manjatnya harus pegangan tambang dulu saking curam dan sempitnya. Quite challenging :).
Well, i can absolutely say kalo ngos-ngosannya sebanding banget ama hasilnya.
Seluruh Roma kelihatan dari sini, sampe lautnya segala! Lupa mingkem lagi deh ah, lol!
main altar of Basilica St. Pietro
Turun dari Copula gak seberat naiknya, paling pegel doank. Lagian gak sempet ngeluh coz keluarnya ternyata lewat pintu yang ada didalam Basilica, WOW!

Again, gue speechless....
Altar utama, patung-patung tinggiiiiiiiiiiiii, lantai marmer....semuanya unbelievable! Berasa lagi main film Angels & Demons daaahhh....

Saking asiknya muter-muter, rencana ke makam Paus gagal total coz makamnya dah keburu tutup :(. Kalo gak ikutan tour, kekunci didalam kali ya gue?


 
Busy Vatican
Oh iya, waktu itu kaeknya mo ada event special deh coz di San Pietro Square udah diatur banyak kursi, udah gitu ada marching band disekitar wall Vatican ama di halaman bawah ada orang-orang ngumpul kaek lagi prepare something. Gak biasa-biasanya kaek gitu kata Chri waktu liat foto-foto gue.
Kesimpulannya? Magnet Vatican kuat banget, gue pernah kangen pengen kesana lagi sampe netesin aer mata. Seriusan iniiiiih... :D.


Sorry, postingan soal pengalaman pribadi gue cut dulu ya. Nanti repost next time deh, kepanjangan cuy...

No comments:

Post a Comment