This blog is about places i've visited. From tourism site, restaurant, cafe, hotel, villa, etc..
Hope it help somehow.

BERANGKAAAATTTTT KITA.........!!!

Wednesday, April 13, 2011

Indonesian White House

Kompleks Istana Kepresidenan dibuka untuk umum!!!
Setiap weekend, semua orang boleh wara-wiri di kompleks yang terdiri dari Istana Merdeka, Istana Negara, Masjid Baiturrahim dan Museum Istana ini.
Ntar dulu....emang apa bedanya Istana Merdeka ama Istana Negara?
Duh jeunk, Istana Negara itu tempat tinggalnya Presiden RI sedangkan Istana Merdeka ruang tamunya alias tempat Presiden RI nerima kunjungan tamu negara seperti gue inih *dilarang protes!
 
Welcome to My Crib ;)
Wah, kesempatan bagus neh secara dulu kan susah bener masuk sana. Saking susahnya sampe males mikir maen kesana ;). Makanya mumpung lagi dibuka harus buru-buru mampir, in case suatu hari ditutup lagi udah gak penasaran.
Meidy ama Cya jadi temen jalan kali ini. Berbekal info dari mailing list kita bertiga menuju Merdeka Utara sebelum lunch. Pake pake baju rapi coz celana pendek, celana jeans ama sandal jepit gak bakalan lulus sensor. Tapi alas kakinya gak harus ketutup rapat kok, gue boleh tuh pake sepatu sandal.

Masuknya lewat Kantor Sekretariat Negara. "Polwan ya, Mbak?"
Huahaha....gara-gara punya body tinggi semok dan rambut seleher, Meidy jadi "difitnah" ama tentara situ.
Daftarnya cukup ninggalin KTP di tenda dekat ruang tunggu, free of charge!
Kamera dan tas gak boleh dibawa masuk jadi titipin aja dulu di tempat penitipan barang, letaknya gak jauh dari tempat pendaftaran, satu ruangan ama pusat souvenir.
Handphone boleh dibawa tapi yang pake kamera harus dimatiin.

Diluar bis jemputan udah nungguin, even cuma bertiga kita langsung didrop ke starting point wisata Istana :).
Tour dimulai dengan nonton film dokumenter tentang sejarah istana bareng rombongan lain yang udah duluan nyampe diruangan sejenis aula.
Udahannya, kita jalan kaki kearah Mesjid Baiturrahim dipandu Mbak Polwan yang ramah banget. Mbaknya pake toa biar suaranya kedengeran ama semua peserta.
Denger-denger selain Polwan, korps wanita lainnya kaek Kowal, Kowad dan Wara juga kebagian bertugas jadi tour guide. Seru juga :)

Dari mesjid lanjut ke Istana Merdeka. Sebelum masuk bisa foto-foto dulu, udah ada fotografer yang nungguin di tangga. Untuk menghindari antrian panjang biasanya cuma boleh group foto, tapi kalo rombongan kecil boleh kok minta difoto sendiri, kita malah dapat beberapa kali jepret. Sesudah foto langsung pilih mana yang mau dicetak, satu foto bayar ceban doank!
Nyesel deh waktu itu gak foto ama Paspampres, lumayan kan buat bokisin temen-temen bule kalo mereka tuh bodyguard gue hihihi...
Oh iya, tangga ini menuju serambi yang biasanya dijadiin panggung kehormatan kalo lagi 17 Agustusan dan di halaman ada tiang bendera setinggi 17 meter buat ngibarin duplikat bendera pusaka setiap hari kemerdekaan.

Ruangan paling depan Istana Merdeka adalah tempat Presiden menerima tamu negara, misalnya ambassador negara lain yang mau nyerahin credential letter alias surat mandat. Ruangan ini juga jadi saksi sejarah saat Pak Harto ngumumin pengunduran dirinya tahun 98 lalu.
Cermin gedeee peninggalan pemerintah Belanda jadi center point ruangan ini.

with Cya & Meidy
Dari sini kita dibawa ngelewatin koridor di depan ruang tunggu istri ambassador menuju Ruang Resepsi. Ada sekitar 6 atau 7 pintu disini, diantaranya pintu ke pantry *Pak Presiden, saya mau donk diundang dinner :P.
Selain lampu kristal dari Belgia, ruangan ini juga dihiasi lukisan Basoeki Abdullah dan karpet bikinan pengrajin asal Bekasi. Yihaaaa...ternyata ada juga karya anak bangsa yang dipajang dalam istana!
Lebih bagus lagi kalo semua dekorasinya pake karya anak bangsa, hadiah dari negara sahabat bisa disatuin di ruangan khusus. Kan istana punya negara kita, bukan istana negara tetangga or istana souvenir import hehehe...

Taman di belakang Istana Merdeka ijo dan rindang, ada tanaman peninggalan Ibu Tien Soeharto ama patung-patung karya seniman kita yang kaeknya ngetop tapi gue gak tau syapa aja.
Ada juga gazebo dibawah pohon gede tempat Presiden ngopi. Hmmm... kenapa juga ngopinya harus disini, gak didapur aja? Jarak dari gazebo ke Istana Negara or Istana Merdeka lumayan lho kalo jalannya sambil bawa nampan kopi.

Dari gazebo tour ngelewatin Istana Negara tempat presiden tinggal. Yup lewat doank, kagak bisa masuk cuy.
Presiden SBY biasanya stay disini weekday aja, kalo weekend beliau pulang ke Cikeas. Wish i can enter it one day, harap gue sambil menuju koridor proyek narsisnya Istana Kepresidenan. Ada foto-foto presiden, menteri-menteri, pejabat lainnya sampe keluarga presiden.
Gatel deh pengen nempelin foto gue disitu. Foto saya bagus-bagus deh Pak, apalagi foto panjat tebing. Beeuuuhhh.... Yang bisa nyaingin mah foto cucunya Pak SBY doank ;).

Tour selesai di deket mesjid lagi, bisa minta air mineral gelasan disamping pintu keluar kompleks. Jalan kaki kearah bis jemputan yang bakal ngangkut kita balik ke dekat tempat pendaftaran.
Ambil foto, tas ama beli sovenir dulu sebelum ngambil KTP dan cabut.
What a nice experience amidst crowded J-town *senyum lebar banget dan waktu itu pengen kesini tiap weekend, sapa tau frequent visitor bisa masuk Istana Negara hehehe...

Oh iya, yang kurang dari Kompleks Istana Kepresidenan?
Gak ada kolam renang, fitness center ama bar! Masa istana kalah ama gedung DPR???
Apa punya tapi gak keliatan?

2 comments:

  1. Whuahahaha... Gw serasa baca donald bebek dah aah... ^_^

    ReplyDelete
  2. hi there, asl please wkwkwk...
    makasih udah mampir yak :)

    ReplyDelete