This blog is about places i've visited. From tourism site, restaurant, cafe, hotel, villa, etc..
Hope it help somehow.

BERANGKAAAATTTTT KITA.........!!!

Friday, November 12, 2010

Eurotrip... Transport

As mentioned on my earlier post, Eurail merupakan salah satu hal terpenting dalam Eurotrip.
This is not my favorite part, sayangnya harus dibahas panjang lebar. Keretanya mahil, hiks... Apalagi negara yang gue kunjungin semuanya mewajibkan reservasi seat, meskipun keretanya belum tentu penuh tapi ada kemungkinan kena quota problem. 

Gak lucu kan kalo harus berangkat tapi ternyata kereta dibilang penuh? 
So mendingan reservasi sekalian waktu beli Eurail Pass, karena pasti lebih murah daripada reservasi last minute di stasiun. 

Ada yang bilang passnya harus pesan dari negara asal - gak bisa beli disana langsung - kecuali beli point to point tiket yang salah-salah jatohnya bisa lebih mahal daripada Eurail Pass, terutama di Italy!
Tapi ada juga yang bilang bisa beli di Europe dengan harga  20% lebih mahal. Gue seh ogah bayar lebih mahal, secara beli dari sini aja udah lumayan nyesek.

Eurail bisa nguras budget kalo gak pinter nyiasatinnya.
Caranya bisa dengan kombinasi antar Eurial Pass dan point to point ticket. Jadi gini, hitungan rata-rata harga Eurail Pass per hari itu sekitar €50-60an, nanti bandingin aja harganya ama point to point ticket, kalo harga point to point ticketnya lebih murah mendingan dibeli aja, jadi Eurail Passnya bisa dipake untuk tujuan yang lebih jauh dan mahal.


Untuk umur dibawah 26 bisa beli youth pass. Dapetnya second class yang udah pasti lebih murah tapi tetep nyaman. Naaahhh....kalo umurnya dah mulai menua alias 26 taon keatas, mau gak mau harus beli adult pass, first class gitu.
Buat youth pass holder bisa upgrade ke first class, tapi kalo adult pass holder harus tetep bayar reservasi seat seharga first class even duduk di second class. Kadang ada pengecualian seh - adult pass bisa reserve dan bayar harga second class - tapi itu kadaaannnggg banget.

Harga passnya beragam, tergantung berapa negara yang dikunjungin, hari dan jangka waktu traveling.
Ada single country pass untuk satu negara aja, select pass untuk tiga sampe lima negara yang tetanggaan, bahkan global pass yang mencakup hampir seluruh Europe.
Trus berapa hari traveling, misalnya 5 or 10 hari (dihitung berapa hari yang digunakan untuk naik kereta).
Yang terakhir jangka waktu traveling, ada yang 15 hari berturut-turut (tinggal di kereta donk?), ada juga yang bisa dipake selama jangka waktu dua bulan, etc.
Hitungan 1 hari perjalanan Eurail adalah 24 jam, dari midnight ke midnight. Tapi ada aturan jam 7 malam, dimana kalo naik overnight train yang berangkatnya sesudah jam 7 malam, maka satu hari perjalanan dihitung mulai dari waktu kita tiba di tempat tujuan sampai midnight besokannya.
Lumayan kan buat ngirit hari perjalanan :).


As mentioned, gue menggunakan jasa Pak Agung dari TravelHemat untuk urusan yang paling bikin pusing ini.
Dari awal sampe akhir beliau sangat kooperatif, helpful, comitted dan on time... professional abis deh!
In his assistance, everything will be just FINE. Mulai dari pilihan itinerary kereta, seat reservation, sampe info diluar Eurail Pass pun beliau bersedia membantu.
For your info, beliau adalah travel writer, internet marketer dan tour guide expert - semenjak masih tinggal di Europe - yang sudah mengunjungi 71 negara, 242 kota di 5 benua!
Pengalaman traveling inilah yang dituangkan beliau kedalam berbagai serial e-book TravelHemat tentang bagaimana traveling murah ke luar negeri.

Kalo mau jalan jauh - lebih dari 5 jam - sebaiknya naik overnight train.
Biar siang hari bisa dipake buat explore satu kota, gak kebuang diatas kereta. Sekalian buat ngirit biaya hostel seh, even bedanya gak terlalu jauh.
Pengecualian untuk Swiss area ya, pemandangannya bagus banget jadi wajib dicoba. Negara ini dan sekitarnya merupakan salah satu rute scenic train terbaik di Europe.
Tapi bukan berarti pemandangan di negara lain gak bagus lho. Kecuali overnight train, selama perjalanan gue gak pernah tidur karena pemandangannya sayang buat dilewatin gitu aja.  Mulai dari kebun anggur dan olive di daerah pedesaan, rumah-rumah tua, bahkan kastil ala negeri dongeng yang kaeknya belum disebutin di buku panduan wisata.

Back to overnight train... Pilihan pada kereta malam adalah seat, couchette, dan sleepers.
Apa itu?  Buat gampangnya gini deh: seat itu kursi, couchette itu ibarat hostelnya kereta, sedangkan sleepers itu hotel diatas kereta.
Satu couchette compartment isinya 4 - 6 ranjang standard, dapat bantal dan sejenis selimut. Sedangkan sleepers compartment isinya 1 - 3 ranjang - jarang yang sampe 4 ranjang - dan udah pasti ranjangnya lebih nyaman plus ada wastafel.
Ngirit boleh aja seh, tapi mendingan pilih setidaknya couchette untuk alasan keamanan dan kenyamanan.


Waktu berangkat dari Paris ke Pisa, gue naik EuroNight (EN) yang connectingnya di Milan. Pilihannya cuma ada couchette and sleepers jadi gue pilih couchette yang isinya berenam.
Gue dapat temen sekompartemen dari Prancis, Italy ama Hong Kong yang semuanya easy going.
Kita gotong royong (halah) masang ranjang - yang tadinya masih dilipat kecuali lower bunks - trus masang tangga buat naik ke upper bunks, plus ngerapihin barang.

Jangan lupa belajar cara buka dan ngunci kompartemen ya, in case mo ke toilet tengah malam.
Trus sedikit tips neh buat yang naik kereta Italy, urusan air agak ngebingungin.
Gak ada button wastafel ama toilet flush buat dipencet, kaek di pesawat atau kereta negara lain. Trus gimana donk?
Coba liat di bagian bawah wastafel ada besi nonjol dikit, injek deh tuh. Kalo yang agak canggihan, di lantai deket wastafel dan toilet ada tombol warna merah or biru yang juga harus diinjek buat ngeluarin air.
Sh*t maaaannnn....kirain aernya macet kaek kereta disini ;).

Sebelum midnight kondektur bakal datang buat ngumpulin Eurail Pass, tiket plus passport.
Jadi kalo nantinya tengah malam lewatin border negara lain - EN dari Paris ke Milan lewat Swiss - kita gak akan dibangunin lagi untuk passport and visa check.
Don't worry, dokumen tadi bakal dibalikin lagi sejam sebelum sampe, tanpa kurang suatu apapun :).

Oh iya, MUST DO neh: sebelum naik kereta, pastiin udah aktivasi Eurail Passnya ya, kalo gak pass-nya gak berlaku dan harus bayar denda.  Selain itu travel calendar ama travel report yang ada di Eurail Pass juga harus diisi sebelum naik kereta.
Di travel calendar cukup cantumin tanggal dan bulan keberangkatan di masing-masing box yang tersedia,di bawah kolom travel day.
Kalo travel report selain masukin tanggal dan bulan keberangkatan, cantumin juga waktu keberangkatan, kota keberangkatan, kota tujuan, ama nomor kereta.
Gak ngisi juga bisa seh asal mau bayar uang denda sebesar €50 ke kondekturnya.
Gue hampir aja kena denda gara-gara lupa ngisi travel calendar dari Bern ke Paris. Untuuunnnggg travel reportnya udah keisi jadi gue pasang aja jurus ngotot plus tampang innocent, bilang kalo gue ngertinya cuma travel report aja yang diisi hihihi....
Akhirnya lolos deh dari denda... Gak tau deh apa karena kondekturnya emang baik, or ketipu ama akting gue or dia nyangkanya gue salah ngerti, or dia males aja ladenin bacot gue hahaha....

2 comments:

  1. VERY DETAILED and informative post, Wenny.
    Keliatannya Anda berbakat nulis banget loh. Flow-nya udah lancar banget tuh and enak dibacanya. atau mungkin, lantaran barusan nulis skripsi ya, jd kalo nulis kesannya enak banget gaya bahasanya, hehehehe....

    ReplyDelete
  2. Wew...tersandung neh dipuji travel writer *blushing...
    Thanks Pak, moga sejengkal demi sejengkal bisa ngikutin jejak Bapak.
    Akhirnya ada juga manfaat nulis skripsi hihihi...

    ReplyDelete