This blog is about places i've visited. From tourism site, restaurant, cafe, hotel, villa, etc..
Hope it help somehow.

BERANGKAAAATTTTT KITA.........!!!

Sunday, April 13, 2014

One Day Service; Si Hijau!

Ceritanya passport gue expired.
Males nih urusannya, secara pengalaman gue ngurus passport pertama di Imigrasi Jakarta Timur gak ngenakin banget. Pengalaman kedua di Imigrasi Jakarta Selatan agak mendingan tapi mungkin karena pake calo, kolektifan gitu dari kantor.
Tapi denger-denger imigrasi kita udah canggih, ada pelayanan one day service segala. Apa iya?

Berhubung passport one day service ini baru ada di Imigrasi Jakarta Barat & Jakarta Pusat, gue milih lewat barat aja. Postal addressnya sih gue gak kenal, tapi setelah nanya-nanya ternyata lokasinya di area wisata Kota Tua, pas disamping Kantor Pos.
Ihiy, gak pake nyasar!

Akhirnya gue mampir ke website Imigrasi Jakarta Barat.
Disitu ada form isian untuk permohonan passport. Masukin data pribadi ama pilih jam kita mau datang.
Udahannya, kita bakal dikirimin email bukti pendaftaran yang harus diprint dan dibawa waktu ke kantor imigrasi.
Mendingan pilih jadwal paling pagi dan datang setengah jam lebih cepet dari jadwal karena pengalaman gue jam 8 antrian udah mulai panjang.
Tapi staf imigrasi pada cekatan kok, jadi antrian tetep teratur dan prosesnya juga gak selow.


Si Hijau, Indonesian Passport


FYI, one day service ini hanya berlaku untuk penggantian passport ya - dulu istilahnya perpanjangan - maksudnya buat yang udah pernah punya passport, bukan untuk passport virgin ;).
Untuk yang belum punya passport bisa ke imigrasi selain pusat dan barat.

Waktu ke imigrasi jangan lupa bawa dokumen yang  diminta ya?
Selain bukti pendaftaran, bawa juga KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Kerja sama semua passport lama. Dokumen asli plus copynya ukuran A4, jangan dipotong ya.
Disana ada tempat foto copy sih tapi gue udah bawa copyannya dari rumah biar gak ngantri-ngantri lagi.
Buat mastiin persyaratan passport, bisa liat disini.

Sampe sana, cari bagian informasi dulu buat minta form isian (lagi).
I know... gue juga mikirnya karena udah ngisi form online gak perlu ngisi hard copy lagi. Teteuup, guys...
Biar gak ngantri lagi dari awal, gue titip aja antrian ama Mas X di belakang. Ambil form, balik ke antrian, senyum dan makasih ke Mas X, trus isi form sambil ngantri deh.
Sesudah submit dokumen, kita ambil print nomor antrian untuk bayar biaya pembuatan passport.
Biayanya 255 ribu saja guys, resmi, gak ada hidden cost wkwkwk..
Abis bayar kita ngantri lagi buat sidik jari, foto dan interview.
Sayangnya hari itu rame banget jadi passport gue baru bisa diambil besok siangnya.
"Jadi 2 days service donk Pak?"
"Tetep one day kok, 24 jam lebih dikitlah." si bapak ngeles.
Okesip Pak, mending bangetlah servicenya... lebih cepet, gak kaek jaman batu lagi dan gak cacat duit. #salut dan #terharu

Waktu ambil passport cukup tunjukin bukti pengambilan, ambil passport, foto copy passport baru trus kasihin copynya ke loket pengambilan. Udah deh....
Gampang dan jauh dari ribet :).

No comments:

Post a Comment