This blog is about places i've visited. From tourism site, restaurant, cafe, hotel, villa, etc..
Hope it help somehow.

BERANGKAAAATTTTT KITA.........!!!

Saturday, January 29, 2011

Surfer Paradise Trip - Part One

School drives me crazy. I need fresh air more often, dari minimal 3 bulan sekali jadi sebulan sekali, kalo bisa malah liburan terus!

Gara-garanya pengen liburan tapi gak bisa jauh-jauh.
Sekalian juga mo coba liburan yang beda dari biasanya; backpackeran. I don't know whether i'll like it or not, but it looks challenging.
Awalnya mo ke Pelabuhan Ratu aja, tapi jiwa maruk gue gak trima, nanggung ah kalo gak sampe Sawarna. So, bungkusss! 


Mulai deh pasang status di FB, BBM sama bikin list orang-orang yang gampang dikomporin buat beginian. Jadi kalo gak enak gue gak bete sendiri, secara tahapnya masih coba-coba heheh...
Join trip mailing list is not really my thing coz biasanya jauh-jauh hari udah harus konfirmasi sementara gue moody banget. Biasanya kalo pengen liburan harus cepet-cepet berangkat sebelum moodnya keburu ilang :P.
Lagian gue emang lebih suka traveling solo or small group coz its "me time".
Buat gue liburan adalah saatnya nyari ketenangan. Gue udah cukup begaul when am in town so sometimes i'm sick of seeing people hehehe.....

Anyway, respon yang masuk rata-rata malah ngajakin ke tempat lain.
Sambil nunggu respon yang diinginkan, gue mutusin untuk bikin itinerary komplit. Kalo emang gak dapet travel partner ya gue jalan aja sendiri.
Singkat cerita, dari lima good feedback menyusut jadi dua. Akhirnya gue jalan ama Chalie dan Mona, dua temen cewek yang cukup nekad join trip ngeteng ini.
First step, heboh cari backpack and shopping buat liburan *teteuupp....
Harus pada bawa backpack donk biar sesuai tema liburan. Ehm, cute lil LV juga boleh selama itu backpack, ya kan Mon? Hahahaha...
Last minute, Mark - surfer asal Aussie yang sering banget kesana - email kalo dia juga mo ke Pelabuhan Ratu dan ngajakin bareng pake mobil temennya. Yaelah, lo pikir kenapa yang lain pada bubar? Gak ada yang boleh bawa mobil, namanya juga backpackeran, harus ngebis donk!
Jadinya kita setuju buat ketemuan disana aja dan Mark bakal nyariin guest house sekalian jadi guide. Hooorrraaayyy :D.

Subuh-subuh udah berangkat pake taksi ke Terminal Kampung Rambutan, mo ngejar bis ke Bogor coz menurut info enakan berangkat dari sana sebelum jam 9 pagi. Kereta Pakuan kan belum pada jalan jam segitu. Udah bela-belain bangun pagi, ternyata bis pertama ke Bogor jam 7 an. Sial!
Setelah melalui perjalanan panjang dan berliku - haks - sampe juga kita di Terminal Pelabuhan Ratu.
Langsung diserbu ojek tapi kita milih naik angkot ke Cimaja - pusatnya surfer - tempat Mark stay. Kita milih stay deket dia jadi kalo mo kemana-mana gampang barengnya.

Bau laut yang asin langsung kecium begitu kita masuk daerah Cimaja.
Jalan raya yang kecil dengan hutan disebelah kanan dan laut disebelah kiri bener-bener manjain mata. We are in paradise!
Ternyata Pelabuhan Ratu gak sedesa yang gue bayangin. Ada ATM ama dapet signal 3G, padahal gue dah bawa dana liburan in cash ama ngomong ke temen-temen kalo mungkin gak bisa BBMan hahaha...
Oh iya, angkot disana jarang penuh jadi serasa milik pribadi. Sopirnya mau tuh diminta belok ke ATM ama nungguin, with small extra charge only :).
Guest house udah siap so after dropped the bags and lunch, we walk to Cimaja Beach sambil nungguin Mark kelar surfing.

Kita stay di Sari Raos, penginapan yang modelnya kaek petakan. We got twin bed room with fan and small bathroom inside, well at least its private.
Harganya super duper murah, padahal spring bednya cukup empuk dan kaeknya baru.
Yang punya Ibu Cicih ama suaminya, pasangan suami istri setengah baya yang ramah banget. Mereka tinggal satu halaman ama penginapan.
Enaknya tinggal disini, si Ibu punya rumah makan yang laris manis coz masakannya enak. Trus harga dihitung per kamar, terserah mo diisi berapa orang, no additional charge!
Mau makan tinggal ngomong ke ibu, bayarnya bisa langsung or pas mau check out, minta dicatetin aja ama si bapak. Eh, kalo udah kelaperan banget bisa ikutan masuk dapur lho. Mangga teh, anggap aja rumah sendiri hahaha....
Mona bantuin masak, Chalie bantuin bawain makanan dan gue bantuin recok, bolak balik nanya masakannya udah mateng apa belum ;).

Oh iya, Pantai Cimaja tuh penuh ama batu gede. Ama penduduk setempat, batu-batu dari sini disortir sesuai ukuran, dibersihin, trus dijual ke Jakarta dan kota besar lainnya buat batu hias yang di taman-taman itu lho.
Ombaknya juga gede makanya banyak yang demen surfing disini.
Sayangnya gak ada fasilitas untuk turis di Pantai Cimaja - not even waroong - ama Nick, surfer asal Hawaii kita malah disuruh ke Sari Raos. Hiks, padahal kan gue bayanginnya bisa leyeh-leyeh di sunchair gitu sambil nonton orang surfing.
Akhirnya kita jalan nyusurin pantai ke arah kiri, lewatin kebon sampe nemu jalan raya - foto-foto pastinya - dan akhirnya nyerah naik angkot buat balik ke Sari Raos. 

Tadinya mau lanjut ke Pantai Citepus for horse riding but better save it for next visit ;).
So kita lanjut ke Pantai Karang Hawu, gak jauh dari Cimaja. Pantainya bagus, banyak karang dan ada yang bentuknya mirip tungku atau hawu dalam bahasa setempat. Seneng banget ngeliat ombak pecah di karang, pretty!

Gak lama Mark nyusul, then we are off to seafood restaurant nearby for early dinner.
Gue lupa nama restorannya apa, kalo dari Karang Hawu kita ke arah kanan, lewatin Camp David - CMIIW - ama pantai yang banyak warungnya. Rumah makannya gak jauh dari situ, adanya di sebelah kanan jalan dan di halamannya ada mushola.

Selesai makan tiba-tiba hujan deres, Mark nelfon Kenji surfer asal Jepang, buat minta tolong drivernya jemput kita. Jadi deh kita ngumpul di penginapan Kenji ma temen-temennya. Aperitivo time, yihaaaa!
Selama ini gue mikir orang Jepang kaku dan gak mau pake Bahasa Inggris. Tapi yang ini beda, they speaks English pretty well and very friendly.

Selain surfer Jepang disana juga ada surfer dari Amrik ama Swedia, salah satunya adalah animatornya Avatar. Yup, namanya Rob dan hobinya jalan-jalan keluar rumah pake sandal plus kaos kaki panjang, which is bikin gue ilfeel tapi menurut Chalie itu sexy abis. D'oh!

Gue berhasil mempengaruhi mereka buat join ke Sawarna so party is over at midnite. Planning naik angkot batal coz salah satu syarat yang diajuin Kenji adalah berangkat bareng pake mobil mereka.
Ya, it was so easy to make friends there. Baru jalan tiga langkah dari penginapan, udah ketemu banyak surfer dan saling sapa :).
Our favorite quote was "Bagooooossssss", invented by Nick.
I guess that's the only Bahasa he knows since he was really proud of it, always said it out loud and looonnngg *lol!

Sore-sore abis dari Sawarna, kita ke Karang Hawu lagi buat sunset. Sayangnya cuaca sama kaek kemaren, mendungnya tebel banget :(.

Jadinya kita naik ke petilasan Nyi Roro Kidul, penasaran aja pengen tau gimana dalamnya. Its creepy there, gue gak betah! Sepuluh menit rasanya lama banget, pengen buru-buru loncat keluar dari ruangan ijo itu.

Dari petilasan kita ke batu gede yang katanya tempat bertapa Nyi Roro Kidul ama Presiden Soekarno.
Pemandangan dari sini bagus banget, ombaknya pecah di batu itu, malah kalo ombaknya gede banget bisa sampe ke atas batu :). Its kinda cool, isn't it?
Bikin gue jadi pengen bertapa juga, sayangnya gak berhasil coz banyak gangguan.

Malam terakhir kita late dinner di Desa Restoran. Tempatnya nyaman, makanan cukup enak, musik ok plus ada bar ama meja billiard. 

Selain restoran kaeknya Desa juga ada villa plus kolam renangnya deh.
Tadinya abis dinner mo pada nonton dangdut di lapangan ama gank Sawarna. Tapi karena kita kelamaan, mereka keburu gak napsu. Hellooo...cewek tuh perlu mandi dan lain sebagainya kaleee...
Padahal gue pengen banget tuh nontonnya, tapi sudahlah..nongkrong di Desa juga enak kok. Apalagi ketemu temen lama yang lagi honeymoon disana. Jadi deh, aperitivo plus ngobrol gag jelas.
The best part was Mark magic fingers, kita gantian dipijitin. Senengnya punya temen chiropractor ahahaha...

Lagi-lagi kita gak begadang banget coz gue pengen ngejar sunrise dan cowok-cowok pengen surf pagi sebelum balik ke Jakarta.
Jam 5an dah bangun, gue jalan duluan ma surfer biar gak kehilangan moment sunrise, halah...
Abis sunrise, cewek-cewek susur pantai lagi, kali ini ke arah kanan Pantai Cimaja. Nyasar di sawah-sawah, ketemu kadal ama bule yang gak jelas mo ngapain bawa surf board di tengah sawah, sampe gak tau gimana caranya kita bisa tembus ke jalan utama :P.
Mark yang udah kelar surfing langsung join, breakfast bareng pake pancake buatan Ibu. Kelaperan booo...tadinya kita malah mo numpang makan di salah satu rumah di tengah sawah karena ngiler nyium bau ikan goreng, hahaha....

Mark ama surfer Jepang yang tinggal di Jakarta pulang pagi itu juga. Kita seh masih pengen ke tempat pelelangan ikan deket terminal buat hunting seafood.
Pilihannya macem-macem trus muraaahhh banget... Ikan salmon seger segede gaban cuma dijual 50 ribu perak!
Nelayan situ juga ramah-ramah, kita boleh maen diatas perahu, malah ditawarin ikut ngelaut sekalian. Maooooo!! Tapi gak sekarang ya, Mang :).
Oh iya, seafoodnya bisa minta dimasakin di resto sebelah TPI, dicharge per kilo kaekna. Reasonable price kok, udah termasuk bumbu ama sambal. Kalo mau nasi ama sayur juga ada.

We sticked at ngeteng plan. After lunch jalan kaki ke terminal, naik bis lagi ke Bogor trus nyambung kereta deh ke Gambir....
Yes, yeess, yeeesss....We made it, girls!!! 

Thanks to:
* Pak AMGD untuk mlancong.com dan kesediannya email-emailan.
* My beyotches, Chalie and Mona
* Mark, twas a nice trip, doc! Wish you a great new life in Marbella :).

2 comments:

  1. Alo there..
    mau nanya2 dong..
    itu penginapan yang di cimaja, berapa semalemnya?
    bisa diisi beberapa orang kan ya?
    terus kalo misal bawa motor, menungkinkan gak ya?
    oia, cimaja ama sawarna kira2 berapa km jaraknya bos?
    soory ye banyak nanya... rencana mo ke cimaja ama ke sawarna akhir januari ini. mohon infonya yaks, abis minim banget info tentaang cimana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lela,
      Tempat gue nginep waktu itu sekamar bisa diisi beberapa orang, tapi kalo kebanyakan bakal gak nyaman coz ukuran kamarnya cuma 3x3m.
      Ini nomor telfon ownernya kalo mo nanya harga penginapan: 0266-431478 (Ibu Cicih/Sari Raos).

      Soal bawa motor,memungkinkan apanya nih?
      Klo parkir sih memungkinkan dihalamannya, mobil juga muat. Tapi kalo soal kondisi jalanan kesananya tanya ke tetangga sebelah aja ya? Blum nyoba soalnya..

      Waktu itu skitar 1 jam dari Cimaja ke Sawarna, gak ngebut-ngebut banget juga jalannya. Tebak deh tuh kira-kira berapa km hihi...

      Btw, makin minim info bukannya makin asik eksplornya?
      Have fun di Cimaja yaaa.. Jangan lupa critanya :).

      Delete